100 Film Terbaik 2010-2015 Part 2


Setelah kita menyaksikan part 1 sebagai pembuka paruh pertama selebrasi Film terbaik 2010-2015, maka kita mulailah membocorkan segmen kedua. Pada segmen kali ini, ada film animasi yang sama mengesankannya seperti Tale Of princess Kaguya, guratan crayon yang memanjakan mata, kelebihannya ia memiliki bobot cerita yang orisinil tentang lanskap kemiskinan.Selanjutnya ada film dengan fanatisme yang sangat mengerikan dalam beragama, ibarat alkohol yang menyebabkan candu yang sangat. Kemudian ada film drama kepolisian yang begitu cantik dan menawan dan itu datang dari negeri tirai bambu.Satu lagi ada film dengan soundtrack yang paling saya gemari sepanjang dekade. Mari kita simak :

(#81-#90)

#90.ERNEST & CELESTINE
FRANCE/2012
Animasi kanvas yang bertutur tentang kemiskinan yang sedang merajai Ernest.lepas dari pekerjaan dan alat musiknya yang disita oleh kepolisian, ernest kelaparan dan mulai mencuri makanan dari warung warung. Disitulah dia bertemu dengan Celestine, tikus betina yang memiliki misi untuk mengumpulkan gigi dalam proyek penelitian.Maka merekapun berada sebagai buronan yang paling dicari dikerajaan tikus dan beruang.Sebuah kisah yang mengharu biru dan animasi tak ubahnya adalah rasa manis sebuah lolipop.


#89.ANOTHER YEAR
UK/2010
Rentetan naskah apik tentang drama orang orang yang terlambat dewasa dan terlalu dewasa dengan cepat.Kisah yang sangat menarik karena menghadirkan karakter paling gemilang sepanjang masa oleh Lesley Manville.jajaran cast yang tampil natural dan lugas.Mike Leigh berkata bahwa kisah ini murni adalah sebuah improvisasi akting saja tanpa sebuah adegan yang dibentuk bentuk sedemikian rupa. Another Year adalah sebuah surat krinduan pada apa arti keluarga, kedewasaan, kemandirian dan tentunya pertemanan.


#88.BREATHING
BELGIA / 2011
Atmen menjadi kisah remaja yang tengah mencari identitas diri.paska kasus kriminal yang telah diperbuatnya, ia memasuki pusat rehabilitasi remaja dan mulai mencari pekerjaan.Pekerjaannya tak lain adalah mengremasi mayat.Dari pekerjaannya itu, ia akhirnya mengetahui siapa dirinya dan bagaimana jejak masa lalunya, mengapa ia sesak nafas dan menahan nafas didalam kolam renang dan bagaimana dulu sang ibu memperlakukannya.Kisah yang sangat dalam dan luar biasa. Karine Alinka memainkan porsi yang tepat.

#85.SOMEWHERE
US/2010
kesendirian dan anti-glamouritas memang menjadi makanan menarik bagi Sofia Coppola.Apa itu Hollywood rasanya menjadi antitesis bagi banyak aktor.Steve Droff selain berperan sebagai aktor, ia juga berperan sebagai seorang ayah bagi anaknya yang sedang libur sekolah.Hidupnya yang dulu berantakan dengan istrinya, ditinggalkan begitu saja dan menjadi single father parenting nyatanya menjadi cara terbaik untuk mengubah cara pandangnya soal hidup.Film inilah yang mempunyai soundtrack yang terbaik sepanjang dekade "mulai dari i'll try anything once hingga lagu Teddy Bear Elvis Presley yang  menjadi versi akustik.

#86.BLACK COAL, THIN ICE
CHINA / 2014
Drama kepolisian tak ubahnya menjadi menu makanan oleh film film gangster negeri China.Mulai dari Infernall Affairs yang fenomenal itu hingga beberapa judul lain yang mengikutinya.Black Coal, Thin Ice bak judulnya yang sangat dingin dan minim score, namun memiliki dasar penceritaan yang kuat tentang balas dendam dan inverstigasi.

#85.THE SELFISH GIANT
 UK/2013
Pilihan Festival Film Cannes, The Selfish Giant adalah dongeng kontemporer  Arbor, anak usia sekitar 13 tahun (Conner Chapman) dan sahabatnya Swifty (Shaun Thomas). Dikeluarkan dari sekolah dan luar di lingkungan mereka sendiri, dua anak laki-laki ini bertemu Kitten (Sean Gilder), dealer memo lokal. Berkeliaran kota mereka hanya dengan kuda dan kereta, mereka mulai mengumpulkan besi bekas baginya. Arbor menjadi semakin serakah dan eksploitatif, ketegangan membangun, yang mengarah ke peristiwa tragis yang mengubah mereka semua.Drama yang eksploitatif tentang kemiskinan.

#84.ARCHIPELAGO
UK/2010
Drama keluarga yang dingin dan begitu indah fotographynya. Ketegangan dalam keluarga kerap kali ingin membuat kita menyingkir sesegera mungkin.Joanna Hogg, sutradara Inggris berkelamin perempuan ini menyajikan Archipelago sebagai perjalanan yang begitu mengagumkan dengan lanskap pulau di Inggris yang dishoot dengan detail dan sangat cantik.Naskah yang begitu kuat, imajinatif dan kontemporer.Inggris harusnya bangga memiliki sutradara seperti sosok Joanna Hogg.

#82.NOTHING  BAD CAN HAPPEN
GERMANY / 2013
Tore yang masih muda belia mencari di Hamburg kehidupan baru di antara kelompok agama yang disebut The Jesus Freaks. Ketika ia secara tidak sengaja bertemu dengan keluarga dan membantu mereka untuk memperbaiki mobil mereka, ia percaya bahwa keajaiban surgawi telah membantunya. Dia mulai persahabatan dengan ayah dari keluarga, Benno. Segera ia bergerak dengan mereka di petak kebun mereka, tidak tahu apa kekejaman yang ada untuk datang. Sesuai dengan keyakinan agamanya dia tinggal bersama mereka meskipun meningkatnya kekerasan oleh Benno menyiksa dia. Merobek berjuang siksaan dengan senjata sendiri. Jadi perjuangan berbahaya antara tindakan libido dan altruisme dimulai. Terinspirasi oleh peristiwa yang benar adanya.


#81.THREE SISTERS
CHINA/2012

Tiga saudara perempuan tinggal sendirian di rumah keluarga desa kecil di pegunungan tinggi di wilayah Yunnan. orangtua mereka tidak terlihat. Ketiga gadis kecil dikirim setiap hari mereka untuk bekerja di ladang atau bertanya-tanya di desa. Sebagai bibi , mereka menemukan sulit untuk memberikan makanan untuk anak-anak, suatu ketika ayah kembali ke desa. Dia telah datang untuk mengambil gadis-gadis dengan dia ke kota tapi dia kemudian setuju untuk meninggalkan yang lebih tua di bawah pengawasan kakeknya.Drama dokumenter yang begitu alami dan sangat memanjakan mata.

#80.SPRING BREAKERS
US/2012
Brit, Candy, Cotty, dan Faith telah bersahabat sejak sekolah dasar. Mereka hidup bersama di asrama perguruan tinggi membosankan dan lapar untuk petualangan. Yang harus mereka lakukan adalah menyimpan cukup uang untuk liburan musim semi untuk mendapatkan tembakan mereka. Sebuah pertemuan kebetulan dengan rapper "Alien" berjanji untuk menyediakan gadis-gadis dengan semua sensasi dan kegembiraan mereka bisa berharap untuk. Dengan dorongan dari teman baru mereka, segera menjadi jelas seberapa jauh para gadis bersedia untuk pergi untuk mengalami liburan musim semi mereka tidak akan pernah mereka lupakan.






Essay Film

Dikembangkan dan diorganisir oleh Halomoan Sirait. Mahasiswa tingkat akhir yang kocar kacir didunia blogging karena suka hilang password. Sedang mendambakan profesi Jurnalisme Film secara global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar